Wednesday, June 6, 2007

Perpindahan Mazhab Meningkat di Suriah

Perpindahan Mazhab Meningkat di Suriah

Sabtu, 07 Oktober 06 - oleh : husamuddin

Sinai Online: http://www.sinaimesir.com/index.php?pilih=lihat&id=468


Sebagian pengamat melihat kemenangan Hizbullah dalam perang melawan penjajah Zionis Israel yang berlangsung selama sebulan lebih, terhitung sejak genderang perang ditabuh 12 juli lalu, telah menyebabkan terjadinya gelombang perpindahan mazhab dari Sunni ke Syiah yang diikuti lebih kurang 70% punduduk Suriah.

Selain itu, Musthafa Sadah seorang ulama Syiah mengatakan, tujuh puluh lima orang Sunni yang berasal dari Damaskus, diketahui telah berpindah ke mazhab Syiah semenjak dimulainya perang di Lebanon pertengahan juli lalu.

Kesaksian lain diungkapkan oleh seorang muslim Sunni, Wail khulail (21), sebagaimana yang disiarkan stasiun televisi milik Hizbullah mengatakan, "Sepanjang hidup, baru sekarang saya meyaksikan perang yang dimenangkan oleh bangsa Arab". Dirinya lalu berencana akan pindah ke mazhab Syiah secara utuh. Seorang Syeikh Sunni mengungkapkan "Sebenarnya untuk pindah ke mazhab Syiah tidaklah mudah, selama lima tahun kami merasa khawatir untuk mempublikasikan keyakinan akan mazhab ini, tetapi sekarang semuanya telah berubah"paparnya.

No comments: