Friday, July 6, 2007

5000 Syaikh Arab berbaiat dengan Ayatullah Sistani

5000 Syaikh Arab berbaiat dengan Ayatullah Sistani


www.infosyiah.wordpress.com

Ini merupakan perkumpulan terbesar Syaikh-syaikh Kurdi, Sunni dan Syiah setelah kejatuhan Saddam Husein. Perkumpulan ini tepat dengan peringatan Revolusi 1920 dan pengulangan baiat kepada marja Syiah Irak.

5000 orang dari Syaikh Irak berkumpul di Najaf pada pagi hari Minggu tanggal 1 Juli bertepatan dengan Revolusi tahun 1920 Irak dan baiat kembali kepada marja Irak khususnya kepada Ayatullah Sistani.

Muhsin al-Hakim penasihat politik ketua Majelis Tinggi Islam Irak dalam wawancaranya dengan FARS mengumumkan pertemuan besar ini dan berkata: Pertemuan termasuk yang terbesar di mana para Syaikh Kurdi, Sunni dan Syiah Irak berkumpul setelah kejatuhan Saddam Husein.

Ia melanjutkan: Perkumpulan ini bertepatan dengan Revolusi Irak tahun 1920 dan pengulangan baiat kepada marja Irak. Salah satu tujuan pertemuan ini adalah kesepakatan untuk melawan aksi-aksi teroris dan menghadapi fitnah konflik sektarian yang disebarkan oleh anggota-anggota pengikut Saddam Husein dan kelompok takfiri di Irak.

Sayyid Muhsin al-Hakim menambahkan: Struktur masyarakat Irak masih kental dengan kelompok nomadennya. Kelompok masyarakat yang hidupnya berpindah-pindah dan dikepalai oleh seorang kepala suku yang disebut Syaikh merupakan institusi penting di Irak. Bahkan dalam perang menghadapi penjajah Inggris mereka memainkan peran sangat penting.

No comments: